Selasa, 18 November 2014

Model Bermain Peran

Model-model  Pembelajaran
1.       Model-model  memproses Informasi
2.       Model-model  Interaksi Sosial
3.       Model-model   Personal
4.       Model-model  Sistem Perilaku

Model-model interaksi Sosial
model pembelajaran kooperatif
model bermain peran
model penelitian yudiritis


Model Bermain Peran
KD          : Menelaah/ memainkan naskah sandiwara.
1.       Tujuan
1.1 Siswa mampu menjelaskan unsur intrinsik sandiwara
1.2  Mampu menuliskan rangkuman  cerita sandiwara
1.3 Mampu menceriterakan kembali isi  sandiwara menjelaskan isi sandiwara yang didengar

2.       Tahapan Pembelajaran
Sintaks
Tahap 1 : pemanasan suasana kelompok
Guru mengidentifikasi dan memaparkan masalah
Guru menjelaskan masalah
Guru menafsirkan masalah
Guru menjelaskan role playing

Tahap 2 : seleksi partisipan
Guru menganalisis peran
Guru memilih pemain (siswa) yang akan melakukan peran

Tahap 3 : pengaturan setting
Guru mengatur sesi-sesi peran
Guru menegaskan kembali tentang peran
Guru dan siswa mendekati situasi yang bermasalah

Tahap 4 : persiapan pemilihan siswa sebagai pengamat
Guru dan siswa memutuskan apa yang akan dibahas
Guru member tugas pengamatan terhadap salah seorang siswa

Tahap 5 : pemeranan
Guru dan siswa memulai role play
Guru dan siswa mengukuhkan role play
Guru dan siswa menyudahi role play

Tahap 6 : diskusi dan evaluasi
Guru dan siswa mereview pemeranan (kejadian, posisi, kenyataan)
Guru dan siswa mendiskusikan focus-fokus utama
Guru dan siswa mengembangkan pemeranan selanjutnya

Tahap 7 : sharing dan generalisasi pengalaman
Guru dan siswa menghubungkan situasi yang diperankan dengan kehidupan didunia nyata
Guru menjelaskan prinsip umum dalam tingkah laku

3.       Peran atau tugas guru
1.       Guru harus menerima respon dan saran siswa dengan cara tidak menghakimi
2.       Guru harus membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan dari sudut pandang yang berbeda
3.       Guru dapat meningkatkan kesadaran siswa dengan cara merangkum, memparafrasa, merefleksikan respon siswa
4.       Guru harus menitikberatkan bahwa ada beberapa cara berbeda untuk memainkan peran
5.       Guru membantu siswa mempertimbangkan dan melihat konsekuensi-konsekuensi dan solusi yang diperoleh dan membandingkannya dengan alternative lain

4.       System social 
Pendukung : materi sandiwara,  property sandiwara

5.       Dampak pembelajaran
Intruksional :
1.       Mendidik siswa dalam menganalisis nilai dan perilakunya masing-masing
2.       Mengembangkan strategi-strategi pemecahan masalah interpersonal maupun personal
3.       Meningkatkan rasa empati terhadap orang lain

Dampak pengiring

1.       Untuk memperoleh informasi mengenai masalah dan norma social sekitar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar