Model-model
Pembelajaran
1.
Model-model
memproses Informasi
2.
Model-model
Interaksi Sosial
3.
Model-model
Personal
4.
Model-model
Sistem Perilaku
Model-model interaksi Sosial
model pembelajaran kooperatif
model bermain peran
model penelitian yudiritis
Model Bermain Peran
KD :
Menelaah/ memainkan naskah sandiwara.
1.
Tujuan
1.1 Siswa mampu menjelaskan unsur intrinsik
sandiwara
1.2 Mampu menuliskan rangkuman cerita
sandiwara
1.3 Mampu menceriterakan kembali isi
sandiwara menjelaskan isi sandiwara yang didengar
2.
Tahapan Pembelajaran
Sintaks
Tahap 1 : pemanasan suasana kelompok
Guru mengidentifikasi dan memaparkan masalah
Guru menjelaskan masalah
Guru menafsirkan masalah
Guru menjelaskan role playing
Tahap 2 : seleksi partisipan
Guru menganalisis peran
Guru memilih pemain (siswa) yang akan melakukan peran
Tahap 3 : pengaturan setting
Guru mengatur sesi-sesi peran
Guru menegaskan kembali tentang peran
Guru dan siswa mendekati situasi yang bermasalah
Tahap 4 : persiapan pemilihan siswa sebagai pengamat
Guru dan siswa memutuskan apa yang akan dibahas
Guru member tugas pengamatan terhadap salah seorang siswa
Tahap 5 : pemeranan
Guru dan siswa memulai role play
Guru dan siswa mengukuhkan role play
Guru dan siswa menyudahi role play
Tahap 6 : diskusi dan evaluasi
Guru dan siswa mereview pemeranan (kejadian, posisi,
kenyataan)
Guru dan siswa mendiskusikan focus-fokus utama
Guru dan siswa mengembangkan pemeranan selanjutnya
Tahap 7 : sharing dan generalisasi pengalaman
Guru dan siswa menghubungkan situasi yang diperankan dengan
kehidupan didunia nyata
Guru menjelaskan prinsip umum dalam tingkah laku
3.
Peran atau tugas guru
1.
Guru harus menerima respon
dan saran siswa dengan cara tidak menghakimi
2.
Guru harus membantu siswa
dalam menyelesaikan permasalahan dari sudut pandang yang berbeda
3.
Guru dapat meningkatkan
kesadaran siswa dengan cara merangkum, memparafrasa, merefleksikan respon siswa
4.
Guru harus menitikberatkan
bahwa ada beberapa cara berbeda untuk memainkan peran
5.
Guru membantu siswa mempertimbangkan
dan melihat konsekuensi-konsekuensi dan solusi yang diperoleh dan
membandingkannya dengan alternative lain
4.
System social
Pendukung : materi sandiwara, property sandiwara
5.
Dampak pembelajaran
Intruksional :
1.
Mendidik siswa dalam menganalisis nilai dan
perilakunya masing-masing
2.
Mengembangkan strategi-strategi pemecahan
masalah interpersonal maupun personal
3.
Meningkatkan rasa empati terhadap orang lain
Dampak pengiring
1.
Untuk memperoleh informasi mengenai masalah dan
norma social sekitar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar